Membuat box kayu 3D di photoshop memang susah-susah gampang. Sekilas emang terlihat mudah, tapi tetap butuh ketelatenan dan kudu teliti.
Tapi jangan kuatir. Di artikel ini akan saya jabarkan secara detail cara membuat atau mendesain kotak kayu secara 3D melalui photoshop.
Oke, langsung saja…
Ada beberapa tahap untuk membuat sebuah kotak kayu 3D di photoshop, berikut ini urutannya :
Buat dokumen baru dengan background putih ukuran 300x300 px. Anda boleh mengubah ukuran sesuai selera asalkan rasionya tetap 1:1.
Sekedar tip…
Gunakan grup layer untuk mengelompokkan masing-masing layer sesuai fungsinya agar mudah saat memindahkan atau mengubah ukuran.
Buat grup layer baru (beri nama "Tampilan-Muka"). Di dalam grup layer, buat layer baru (beri nama "Depan"), pilih Rectangular Marquee Tool lalu seleksi dan isi dengan warna hitam seperti gambar di bawah ini.
Selanjutnya pilih Layer >> Layer Style >> Blending Options dan buat pengaturan sesuai gambar ini:
Klik pada layer "Depan" lalu pilih Select >> Modify >> Smooth, masukkan 3px lalu klik OK. Tetap klik pada layer lalu ke Select >> Modify >> Contract, input nilai 25px dan klik OK.
Buat layer baru (beri nama "Depan-dalam") dan beri warna hitam. Selanjutnya, atur Blending Options sesuai gambar di bawah ini :
Untuk menghilangkan seleksi, tekan Ctrl + Shift + I lalu tekan Deselect.
Buat layer baru (beri nama "Tekstur") dan isi dengan warna putih. Buka Filter >> Noise >> Add Noise dan buat pengaturan ini:
Sekarang, masuk ke Filter >> Blur >> Motion Blur dan sesuaikan parameternya seperti gambar ini:
Untuk menghapus bagian tekstur yang meluber di layer “Depan”, pilih layer “Tekstur” dan ‘Depan” secara bersamaan lalu tekan Ctrl + Shift + I dan tekan Delete.
Masih pada layer yang sama, atur Level sesuai pengaturan di bawah ini :
Ubah Blending Mode ke Soft Light dan kurangi opacity-nya menjadi 30%.
Buat layer baru (beri nama "Garis"). Dengan Rectangular Marquee Tool, seleksi vertikal setebal 2px seperti yang ditunjukkan di bawah ini:
Tekan Ctrl + T dan putar 45 derajat berlawanan arah jarum jam. Di atas garis di sudut kiri atas layer "Depan". Letakkan layer "Garis" di bawah layer "Depan-dalam". Hasilnya akan terlihat seperti ini:
Atur Blending-nya seperti ini :
Gandakan layer (Ctrl + J) dan pilih Edit >> Transform >> Flip Vertical. Turunkan layer duplikat ke bawah sampai sudut kiri bawah dari layer "Tampilan-muka".
Lakukan cara tersebut pada sudut yang lain, hingga hasilnya seperti gambar berikut :
Dengan Shape Tool buat lingkaran kecil. Buka Blending Options dan buat pengaturan ini:
Gunakan Ctrl + J untuk menduplikat beberapa lingkaran dan gerakkan tiap lingkaran hingga menempati posisi seperti gambar di bawah ini :
Buat layer baru (beri nama "Ridges") dan isi seleksi horizontal setebal 2px dengan warna hitam dari kedua ujung layer "Depan-dalam".
Klik pada layer dan pindahkan seleksi ke bawah (tekan Shift + Down dua kali), isi seleksi dengan hitam. Lakukan hingga 7 garis horizontal:
Agar terlihat lebih natural, atur blending-nya sesuai gambar di bawah ini :
Hasilnya akan terlihat seperti ini :
Buat layer (beri nama "Bayangan") dan letakkan di bawah semua layer dalam palet layer. Isilah pilihan tebal 6px dengan warna hitam dengan sedikit melebar dari Tampilan-muka.
Selanjutnya pilih Filter >> Blur >> Gaussian-Blur, masukkan nilainya 2px dan klik OK.
Pilih lagi Filter >> Blur >> Motion-Blur, atur Angle=0 dan Distance=30px.
Hasilnya akan seperti di bawah ini :
Buat grup layer baru (beri nama "Tampilan-Atas"), buat layer baru namai "Atas" dan isi seleksi persegi panjang warna hitam.
Selanjutnya, pilih Edit >> Transform >> Perspective, klik dan seret ke dalam salah satu sudut atas layer "Atas".
Klik pada layer lalu pilih Select >> Modify >> Smooth, masukkan 3px lalu klik OK. Klik pada layer dan pilih Select >> Modify >> Contract, masukkan 15px dan klik OK.
Atur Blending-Options sesuai parameter di bawah ini :
Buat layer baru dengan nama "Atas-Dalam " dan isi seleksi dengan warna hitam. Ataur Blending-Options seperti berikut :
Langkah 9. Menambahkan
Gandakan layer "Tekstur" pada layer "Tampilan-muka" dan pindahkan ke layer "Tampilan-Atas". Letakkan di atas dua layer. Hapus bagian dari layer "Tekstur" yang menjorok keluar.
Tambahkan ridges, garis, dan paku seperti yang Anda lakukan pada layer "Tampilan-Muka" dengan cara yang sama untuk mendapatkan hasil seperti gambar di bawah ini:
Agar lebih terkesan kotak kayu sungguhan, tambahkan simbol Anak Panah dengan menggunakan Shape Tool. Atur warnanya agar selaras dengan warna kayu.
Sebagai sentuhan akhir, klik pada grup layer "Tampilan-muka" lalu pilih Layer >> New Adjustment Layer >> Levels, pilih pengaturan sesuai selera Anda.
Itulah tutorial pertama dari saya. Selamat menikmati tulisan berikutnya.
Tapi jangan kuatir. Di artikel ini akan saya jabarkan secara detail cara membuat atau mendesain kotak kayu secara 3D melalui photoshop.
Oke, langsung saja…
Cara Mendesain Kotak Kayu 3D di Photoshop
Ada beberapa tahap untuk membuat sebuah kotak kayu 3D di photoshop, berikut ini urutannya :
Langkah 1: Buat Dokumen Baru
Buat dokumen baru dengan background putih ukuran 300x300 px. Anda boleh mengubah ukuran sesuai selera asalkan rasionya tetap 1:1.
Sekedar tip…
Gunakan grup layer untuk mengelompokkan masing-masing layer sesuai fungsinya agar mudah saat memindahkan atau mengubah ukuran.
Langkah 2: Membuat Tampilan-Muka
Buat grup layer baru (beri nama "Tampilan-Muka"). Di dalam grup layer, buat layer baru (beri nama "Depan"), pilih Rectangular Marquee Tool lalu seleksi dan isi dengan warna hitam seperti gambar di bawah ini.
Selanjutnya pilih Layer >> Layer Style >> Blending Options dan buat pengaturan sesuai gambar ini:
Klik pada layer "Depan" lalu pilih Select >> Modify >> Smooth, masukkan 3px lalu klik OK. Tetap klik pada layer lalu ke Select >> Modify >> Contract, input nilai 25px dan klik OK.
Buat layer baru (beri nama "Depan-dalam") dan beri warna hitam. Selanjutnya, atur Blending Options sesuai gambar di bawah ini :
Untuk menghilangkan seleksi, tekan Ctrl + Shift + I lalu tekan Deselect.
Langkah 3: Membuat Tekstur Kayu
Buat layer baru (beri nama "Tekstur") dan isi dengan warna putih. Buka Filter >> Noise >> Add Noise dan buat pengaturan ini:
Sekarang, masuk ke Filter >> Blur >> Motion Blur dan sesuaikan parameternya seperti gambar ini:
Untuk menghapus bagian tekstur yang meluber di layer “Depan”, pilih layer “Tekstur” dan ‘Depan” secara bersamaan lalu tekan Ctrl + Shift + I dan tekan Delete.
Masih pada layer yang sama, atur Level sesuai pengaturan di bawah ini :
Ubah Blending Mode ke Soft Light dan kurangi opacity-nya menjadi 30%.
Langkah 4: Menambahkan detail pada Tampilan -Muka
Buat layer baru (beri nama "Garis"). Dengan Rectangular Marquee Tool, seleksi vertikal setebal 2px seperti yang ditunjukkan di bawah ini:
Tekan Ctrl + T dan putar 45 derajat berlawanan arah jarum jam. Di atas garis di sudut kiri atas layer "Depan". Letakkan layer "Garis" di bawah layer "Depan-dalam". Hasilnya akan terlihat seperti ini:
Atur Blending-nya seperti ini :
Gandakan layer (Ctrl + J) dan pilih Edit >> Transform >> Flip Vertical. Turunkan layer duplikat ke bawah sampai sudut kiri bawah dari layer "Tampilan-muka".
Lakukan cara tersebut pada sudut yang lain, hingga hasilnya seperti gambar berikut :
Langkah 5: Menambahkan detail paku pada Tampilan-Muka
Dengan Shape Tool buat lingkaran kecil. Buka Blending Options dan buat pengaturan ini:
Gunakan Ctrl + J untuk menduplikat beberapa lingkaran dan gerakkan tiap lingkaran hingga menempati posisi seperti gambar di bawah ini :
Buat layer baru (beri nama "Ridges") dan isi seleksi horizontal setebal 2px dengan warna hitam dari kedua ujung layer "Depan-dalam".
Klik pada layer dan pindahkan seleksi ke bawah (tekan Shift + Down dua kali), isi seleksi dengan hitam. Lakukan hingga 7 garis horizontal:
Agar terlihat lebih natural, atur blending-nya sesuai gambar di bawah ini :
Hasilnya akan terlihat seperti ini :
Langkah 7: Menambahkan Bayangan
Buat layer (beri nama "Bayangan") dan letakkan di bawah semua layer dalam palet layer. Isilah pilihan tebal 6px dengan warna hitam dengan sedikit melebar dari Tampilan-muka.
Selanjutnya pilih Filter >> Blur >> Gaussian-Blur, masukkan nilainya 2px dan klik OK.
Pilih lagi Filter >> Blur >> Motion-Blur, atur Angle=0 dan Distance=30px.
Hasilnya akan seperti di bawah ini :
Langkah 8: Membuat Tampilan-Atas
Buat grup layer baru (beri nama "Tampilan-Atas"), buat layer baru namai "Atas" dan isi seleksi persegi panjang warna hitam.
Selanjutnya, pilih Edit >> Transform >> Perspective, klik dan seret ke dalam salah satu sudut atas layer "Atas".
Klik pada layer lalu pilih Select >> Modify >> Smooth, masukkan 3px lalu klik OK. Klik pada layer dan pilih Select >> Modify >> Contract, masukkan 15px dan klik OK.
Atur Blending-Options sesuai parameter di bawah ini :
Buat layer baru dengan nama "Atas-Dalam " dan isi seleksi dengan warna hitam. Ataur Blending-Options seperti berikut :
Langkah 9. Menambahkan
Tekstur Kayu pada Tampilan-Atas
Gandakan layer "Tekstur" pada layer "Tampilan-muka" dan pindahkan ke layer "Tampilan-Atas". Letakkan di atas dua layer. Hapus bagian dari layer "Tekstur" yang menjorok keluar.
10. Tambahkan detail pada Tampilan-Atas
Tambahkan ridges, garis, dan paku seperti yang Anda lakukan pada layer "Tampilan-Muka" dengan cara yang sama untuk mendapatkan hasil seperti gambar di bawah ini:
Langkah 11. Penyesuaian akhir
Agar lebih terkesan kotak kayu sungguhan, tambahkan simbol Anak Panah dengan menggunakan Shape Tool. Atur warnanya agar selaras dengan warna kayu.
Sebagai sentuhan akhir, klik pada grup layer "Tampilan-muka" lalu pilih Layer >> New Adjustment Layer >> Levels, pilih pengaturan sesuai selera Anda.
Itulah tutorial pertama dari saya. Selamat menikmati tulisan berikutnya.
0 komentar:
Posting Komentar